Pengertian Devinisi Advertensi
A.Pengertian dari advertensi adalah suatu bentuk dorongan yang tidak
bersifat untuk meningkatkan permintaan atas suatu barang, jasa atau
lembaga penjualan melalui surat-surat langsung atau memakai media
sebagai media perbandingan (William J. Shultz).
Pengertian advertensi adalah suatu bentuk penyajian dan promosi yang
sifatnya umum/bukan pribadi dari barang, jasa dan ide, yang dibayar
oleh sponsor yang dikenal, Philip Kotler (1987).
Berdasarkan pengertian tersebut diatas maka advertensi tersebut dapat
diuraikan sebagai berikut. Advertensi bersifat non personal, yang
berarti bahwa advertensi ditujukan kepada konsumen dengan menggunakan
suatu media, sehingga antara promotor dengan target sasaran tidak dapat
berdialog dengan langsung. Advertensi mempromosikan dengan barang dan
jasa. Advertensi menunjukkan adanya sponsor yang dikenal. Advertensi
memerlukan biaya (harus dibayar).
B. Personal selling
Personal selling adalah penjualan oleh perorangan dapat didefinisikan
sebagai suatu penyajian secara lisan dalam bentuk percakapan dengan
satu atau lebih calon pelanggan dengan maksud mengadakan penjualan,
Philip Kotler (1987). Berdasarkan pengertian tersebut diatas, maka
dapat ditarik kesimpulan bahwa personal selling dilakukan secara lisan
dalam dalam bentuk percakapan antara tenaga penjual dengan satu atau
beberapa calon pembeli dengan tujuan akhir melakukan penjualan. Cara
ini merupakan satu-satunya cara promosi yang dapat menggungah hati
pembeli dengan segera serta pada tempat dan waktu itu juga diharapkan
calon konsumen dapat mengambil keputusan untuk membeli barang atau
menggunakan jasa tersebut.
C. Publicity
Publisitas adalah merupakan dorongan yang bersifat tidak perorangan
terhadap permintaan suatu produk, jasa yang sifatnya komersial didalam
media yang dipublikasikan atau penyajiannya secara tepat melalui
televisi, radio yang tidak dibayar oleh sponsor, Philip Kotler (1987).
Berdasarkan pengertian tersebut diatas, maka ditarik kesimpulan bahwa
publisitas merupakan keterangan tentang suatu produk tertentu yang
disebutkan dalam bentuk berita, hal mana merupakan keuntungan karena
dalam pelaksanaanya tidak dibayar oleh sponsor.
D. Sales promosi
Promosi penjualan adalah suatu istilah yang dipakai untuk menyatakan
aktivitas-aktivitas yang melengkapi baik penjualan perorangan maupun
advertensi dan membuatnya efektif, Converse (1989). Definisi promosi
penjualan merupakan kegiatan-kegiatan pemasaran selain penjualan oleh
perorangan, advertensi dan publisitas yang mendorong konsumen untuk
membeli dan mendorong keberhasilan penjualan, Philip Kotler (1987).
Berdasarkan pengertian tersebut diatas, maka ditarik kesimpulan bahwa
promosi penjualan adalah kegiatan pemasaran yang mendorong pembelian
suatu penjulan untuk kembali apa yang disajikan pada penjualan yang
dilaksanakan.
.
0 komentar:
Posting Komentar